Hasanah, Asiah Rifka (2022) Hubungan Executive Function Dengan Academic Performance Pada Siswa Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (281kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Asiah Rifka Hasanah_1810321024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan executive function dengan academic performance pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 153 siswa Sekolah dasar. Partisipan didapatkan melalui teknik proportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi Executive Skill Questionnaire (ESQ) oleh Peg Dawson dan Richard Guare (2012) untuk mengukur variabel executive function, lalu menggunakan nilai rapor terakhir siswa untuk mengukur academic performance. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara signifikan terdapat hubungan antara executive function dengan academic performance pada siswa sekolah dasar. Hasil tersebut dapat dilihat dari koefisien signifikansi yang bernilai 0.00 (p<0.05) dan nilai person correlation sebesar 0.753 yang menunjukkan tingkat korelasi variabel tergolong kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa executive function berkaitan dengan academic performance pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Academic Performance, Executive Function, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Rozi Sastra Purna, M. Psi., Psikolog |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 09:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 09:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115535 |
Actions (login required)
View Item |