PEMANFAATAN SURAT KABAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI (STUDI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BUKITTINGGI)

Afdal, Rizky (2022) PEMANFAATAN SURAT KABAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI (STUDI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BUKITTINGGI). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan surat kabar sebagai media utama komunikasi publik di tengah perkembangan teknologi informasi, menjadi minat peneliti untuk melakukan penelitian deskriptif kualitatif, pada Dinas Komunikasi dan Informatika pada Pemerintah Kota Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemanfaatan surat kabar di analisis menggunakan teori Media Richness Theory, dan pelaksanaan kegiatan komunikasi publik dipahami dengan pendekatan Organization Public Relationships Models. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa surat kabar lokal telah dimanfaatkan sebagai saluran publikasi dan diseminasi pesan dalam penyelenggaraan komunikasi publik Pemerintah Kota Bukittinggi. dimana karakteristik surat kabar yang komprehensif, berimbang, selektif dalam menyampaikan informasi, serta mampu mengurangi informasiinformasi yang bertendensi negatif yang dapat mempengaruhi gambaran publik tentang suatu realitas yang disebarkan melalui media online. Kemudian, sehubungan dengan pelaksanaan komunikasi publik perlu dilakukan optimalisasi,karena masih cenderung mengikuti arah pimpinan, hal ini disebabkan karena masih lemahnya kapasitas sumber daya manusia terutama pada level staf dan belum adanya pedoman baku dalam pelaksanaan komunikasi publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:41
Last Modified: 18 Oct 2022 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114984

Actions (login required)

View Item View Item