Fikri, Rahman (2022) Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Interprofessional Education dalam Program FOME II Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 2021-2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (60kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kolaborasi antar tenaga kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Kolaborasi diterapkan pada sistem pendidikan melalui konsep Interprofessional Education (IPE). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap IPE pada program Family Oriented Medical Education (FOME) II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian adalah 162 orang mahasiswa FK Unand yang mengikuti program FOME II pada tahun ajaran 2021-2022. FOME II merupakan kegiatan pembelajaran yang diangkatkan oleh FK Unand dengan tujuan menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten dengan pendekatan keluarga. Sampel penelitian terdiri atas 142 orang mahasiswa Prodi Kedokteran dan 20 orang mahasiswa Prodi S1 Kebidanan. Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS). Sebagian besar mahasiswa (153 orang, 94,4%) memiliki persepsi yang baik terhadap penerapan IPE dengan komponen bukti bekerja sama memiliki persentase tertinggi (90,7%) dan komponen kebutuhan untuk bekerja sama memiliki persentase terendah (59,9%). Mahasiswa Prodi Kedokteran memiliki persentase persepsi terhadap penerapan IPE tertinggi (95,7%) sementara itu mahasiswa Prodi Kebidanan memiliki persentase persepsi terhadap penerapan IPE sebesar 85%. Persepsi mahasiswa FK Unand terhadap IPE sebagian besar berada dalam kategori baik. Namun aspek kebutuhan untuk bekerjasama masih kurang sehingga perlu menjadi hal yang diperhatikan dan ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Husna Yetti, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | interprofessional education, persepsi, family oriented medical education II, mahasiswa |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 01:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 01:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114608 |
Actions (login required)
View Item |