Efektivitas Audio Flash Card dan Teman Ajar Isyarat terhadap Pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19 pada Anak Disabilitas di SLB Alhidayah Padang

Milletesya, Govanda (2022) Efektivitas Audio Flash Card dan Teman Ajar Isyarat terhadap Pengetahuan Protokol Kesehatan COVID-19 pada Anak Disabilitas di SLB Alhidayah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam situasi pandemi saat ini, tantangan menjadi semakin besar dimana keterbatasan ruang gerak dan kebutuhan akan pendampingan yang cukup ketat bagi anak-anak disabilitas untuk tercegah dari infeksi COVID-19 karena keterbatasan-keterbatasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas audio flash card dan teman ajar isyarat dalam meningkatkan pengetahuan protokol kesehatan COVID-19 pada anak disabilitas. Jenis penelitian ini adalah program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKM-PM) dengan memberikan pengetahuan menggunakan metode permainan audio flash card dan teman ajar isyarat, yaitu permainan kartu bergambar yang dilengkapi dengan kata-kata keterangan dan dikombinasikan dengan audio dan teman ajar isyarat. kegiatan ini dilaksanakan di SLB Alhidayah Padang dengan 10 orang siswa dan didampingi oleh sekitar 10 orang guru. Hasil menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap dan perilaku siswa, menghasilkan flash card dengan tema protokol kesehatan COVID-19, buku panduan dari permainan audio flash card sadar COVID-19 edisi spesial anak disabilitas dan di publish di media cetak Koran Padang Ekspress dan Majalah Kampus Kedokteran Andalas BROCA 2021. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian pengetahuan protokol kesehatan COVID-19 melalui media audio flash card dan teman ajar isyarat dalam peningkatan pengetahuan protokol kesehatan COVID-19 pada anak disabilitas. Kata Kunci: Protokol kesehatan COVID-19, Disabilitas, Pengetahuan, Audio Flash Card, Teman Ajar Isyarat, Perubahan Perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 11 Oct 2022 05:02
Last Modified: 11 Oct 2022 05:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114427

Actions (login required)

View Item View Item