STRATEGI PETUGAS DALAM MENARIK MASYARAKAT UNTUK MENABUNG PADA USAHA TABUNGAN BAJAPUIK (Studi Kasus Pada BUMNag Cupak Nan Usali Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok)

Wulan, Murtiningsih (2022) STRATEGI PETUGAS DALAM MENARIK MASYARAKAT UNTUK MENABUNG PADA USAHA TABUNGAN BAJAPUIK (Studi Kasus Pada BUMNag Cupak Nan Usali Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB I)
Text ( BAB I).pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V Penutupan).pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Teks (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Wulan FIXX (Full Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

BUMNag Cupak Nan Usali merupakan BUMNag yang cukup sukses dalam menarik nasabah pada simpan pinjam. Usaha simpan pinjam khususnya simpan pada BUMNag Cupak Nan Usali memiliki keunikan sendiri yaitu petugas menjemput ke rumah nasabah dan semua adminitrasi diselesaikan di lapangan. Sehingga masyarakat mengenal dengan tabungan bajapuik. Nasabah meningkat dari awal terbentuknya usaha ini sampai sekarang. Hal itu dikarenakan adanya sistem target yang ditetapkan oleh Direktur BUMNag setiap bulannya. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan perilaku petugas agar bisa meyakinkan masyarakat untuk menabung. Sehingga petugas sukses dalam mencapai target. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah antara lain bagaimana strategi petugas dalam mencari nasabah baru dan seperti apa perilaku petugas dalam menarik nasabah sehingga sukses dalam mencapai target. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi petugas dalam mencari nasabah baru dan mendeskripsikan perilaku petugas dalam menarik nasabah sehingga sukses dalam mencapai target. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, pemilihan informan purposive sampling, observasi partisipatif, wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh petugas dalam mencari nasabah baru yaitu menggunakan bahasa lokal, memanfaatkan kerabat luas, lingkaran pertemanan, tetangga nasabah, keluarga nasabah dan membangun hubungan baik. Adapun perilaku petugas dalam menarik nasabah yaitu bersikap ramah, gigih dalam memberikan penawaran, mudah bergaul, dan berpakaian rapi. Kata Kunci: BUMNag, Strategi, Tabungan Bajapuik, Perilaku Petugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:37
Last Modified: 10 Oct 2022 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114419

Actions (login required)

View Item View Item