Pengaruh Edukasi Manjujai dengan Menggunakan Modul dan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktek Pengasuhan Psikososial pada Ibu Anak Stunting Usia 6-24 Bulan di Kota Padang Panjang pada tahun 2021

Nabila, Fardian Putri (2022) Pengaruh Edukasi Manjujai dengan Menggunakan Modul dan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktek Pengasuhan Psikososial pada Ibu Anak Stunting Usia 6-24 Bulan di Kota Padang Panjang pada tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab 6 (Kesimpulan dan Saran))
BAB 6 KESIMPULAN+SARAN.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
SKRIPSI_Nabila Fardian Putri-1711213040-ILMU KESEHATAN MASYARAKAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Bentuk stimulasi psikososial yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya di wilayah provinsi Sumatra Barat (Minangkabau) adalah Manjujai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Manjujai Menggunakan Modul dan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktek Pengasuhan Psikososial Ibu Anak Stunting Usia 6-24 Bulan Di Kota Padang Panjang pada tahun 2021 Metode Jenis penelitan ini merupakan kuantitatif menggunakan desain Uji Independet Sample T-Test. Penelitian ini dimulai Agustus 2021-Januari 2022. Populasi penelitian ini adalah perwakilan ibu yang memiliki balita Stunting usia 6-24 bulan, jumlah sampel ibu yang memiliki balita stunting sebanyak 35. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan cara univariat dan bivariat. Hasil Terjadi peningkatan pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,009) dan praktek (p=0,000) dalam pengasuhan psikososial pada kelompok modul. Terjadi peningkatan pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,001) dan praktek (p=0,000) dalam dalam pengasuhan psikososial pada kelompok video. Tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok media modul dengan kelompok media video pada pengetahuan (p= 0,106 ), Sikap (0,507) dan Praktek Pengasuhan (0,138) setelah dilakukannya edukasi Kesimpulan Terdapatnya Pengaruh Edukasi menggunakan modul dan video terhadap pengetahuan, sikap dan praktek pengasuhan psikososial ibu anak stunting usia 6-24 bulan. Diharapkan Dinas Kesehatan dapat secara rutin melakukan edukasi ataupun pelatihan mengenai stunting dan pemberian stimulasi kepada anak stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrial, SKM, M. Biomed.
Uncontrolled Keywords: Stunting, Manjujai, Pengetahuan, Sikap, Praktek, Modul, Video
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:35
Last Modified: 09 Sep 2022 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112702

Actions (login required)

View Item View Item