STRATEGI USAHA BACARITO KOPI KOTA PADANG UNTUK BERTAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Handra, Muhammad Imam (2022) STRATEGI USAHA BACARITO KOPI KOTA PADANG UNTUK BERTAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Alhamdulillah Skripsi Muhammad Imam Handra (1710223012) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi lingkungan strategis internal dan eksternal usaha Bacarito Kopi Padang pada masa pandemi COVID-19. 2) Menganalisis strategi usaha Bacarito Kopi Padang untuk bertahan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan aspek produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan serta faktor eksternal (peluang dan ancaman) dengan aspek kebijakan pemerintah dan politik, sosial budaya dan lingkungan, ekonomi, dan teknologi Bacarito Kopi, matriks SWOT untuk merumuskan beberapa alternatif startegi, diagram SWOT untuk menentukan posisi Bacarito Kopi, implementasi dan evaluasi strategi Bacarito Kopi. Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal yang dilakukan Bacarito Kopi Padang sudah mengimplementasikan strategi sesuai dengan matriks SWOT dan posisi usahanya pada kuadran 1, namun terdapat beberapa alternatif strategi yang berasal dari matriks SWOT yang tidak diterapkan Bacarito Kopi Padang yang dinilai telah maksimal sehingga tidak dikembangakan karena akan menambah biaya dengan memperoleh hasil yang sama. Evaluasi strategi yang dapat dilakukan Bacarito Kopi yaitu: mengurangi kembali skala promosi menjadi 1 kali sebulan, melakukan pembaruan menu minuman yang menjadi ciri khas, memberi atap pada balcone yang telah disediakan serta memanfaatkan lantai 3 untuk menambah kapasitas pengunjung, dan melakukan survei lebih lanjut untuk membuka cabang lain di daerah Sumatera Barat. Saran dari penelitian ini yaitu agar pihak Bacarito Kopi mempertahankan kekuatan dan memanfaatkan selalu peluangan serta mempertimbangkan aspek pesaing sehingga mendorong pihak Bacarito Kopi selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik buat konsumennya Kata kunci : strategi usaha, pandemi COVID-19, SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Sep 2022 09:10
Last Modified: 02 Sep 2022 09:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112508

Actions (login required)

View Item View Item