Pengaruh Konseling Gizi dengan Media Lembar Balik Terhadap Pengetahuan Gizi dan Asupan Energi Pasien Dabetes Melitus Tipe 2 Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi

Asti, Asti Widyatmi (2022) Pengaruh Konseling Gizi dengan Media Lembar Balik Terhadap Pengetahuan Gizi dan Asupan Energi Pasien Dabetes Melitus Tipe 2 Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER&ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB1.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Skripsi full teks)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan; Diabetes Melitus Tipe 2 merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang mengalami kenaikan dari tahun ketahun termasuk di Indonesia. Edukasi gizi adalah salah satu pilar utama dalam pengelolaan Diabetes Melitus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling gizi dengan media lembar balik terhadap pengetahuan gizi dan asupan energi pasien Diabetes Melitus. Metode; Penelitian ini menggunakan jenis pre eksperimen pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam Rsud Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi yang berusia > 20 tahun. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang. Analisa menggunakan wilcoxon sign test. Data pengetahuan didapat dari kuesioner dan data asupan energi di dapat dari wawancara dengan form recall 1x 24 jam. Hasil; Rata rata pengetahuan responden sebelum konseling sebesar 68 dengan standar deviasi 13,99 sedangkan sesudah konseling gizi sebesar 94 dengan standar deviasi 4,98. Rata rata asupan energi responden sebelum konseling gizi 87,07 dengan standar deviasi 12,29 dan sesudah konseling gizi sebesar 89,63 dengan standar deviasi 9,18. Adapengaruh konseling gizi dengan media lembar balik terhadap pengetahuan gizi responden dengan nilai p<0.05. Tidak ada pengaruh konseling gizi dengan media lembar balik terhadap asupan energi dengan nilai p>0.05. Kesimpulan; Terdapat pengaruh konseling gizi dengan media lembar balik terhadap pengetahuan gizi dan tidak terdapat pengaruh konseling gizi dengan media lembar balik terhadap asupan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Helmizar, SKM, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: konseling gizi, lembar balik, pengetahuan gizi, asupan energi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:25
Last Modified: 02 Sep 2022 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/112371

Actions (login required)

View Item View Item