PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM KEBERTAHANAN MUSIK INDIE DALAM ACARA GIGS (Studi Kasus: Acara Gigs Potsjam, Duren Tiga Jakarta Selatan)

Nofri, Andika Putra (2022) PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM KEBERTAHANAN MUSIK INDIE DALAM ACARA GIGS (Studi Kasus: Acara Gigs Potsjam, Duren Tiga Jakarta Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi final fix!.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tentang jaringan sosial yang dibentuk oleh hubungan sosial, dan hubungan sosial ini harus dipelihara dengan baik. Jejaring sosial adalah jenis jaringan khusus di mana “ikatan” yang menghubungkan satu titik jaringan dengan titik lainnya adalah hubungan sosial, bentuk – bentuk jaringan sosial yang ada di Potsjam serta apa saja kegiatan kolektif yang dilakukan oleh Potsjam dalam jaringan musik indie. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jaringan sosial dalam organisasi yang dikemukakan oleh Ruddy Agusyanto untuk melihat bagaimana bentuk jaringan sosial yang ada di Potsjam serta apa saja kegiatan kolektif yang dilakukan oleh Potsjam dalam jaringan musik indie. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan tektik purposive dan dalam pengumpulan data digunakan Teknik observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat dua bentuk jaringan sosial yang ada di Potsjam. Pertama, jaringan sosial yang berlandaskan kepentingan (interest). Potsjam yang merupakan wadah bermusik bagi musisi yang berjejaring melalui musik indie dinilai sangat menguntungkan bagi para aktor – aktor yang terlibat. Dengan adanya Potsjam, para aktor – aktor yang terlibat merasa terbantu dalam hal fasilitas mulai dari studio latihan, studio rekaman, panggung dan penyebarluasan karya. Kedua, jaringan sosial berlandaskan ikatan emosi (sentiment). Berawal dari hubungan perteman yang telah lama mereka bangun dan kecintaan terhadap musik kemudian terus berkembang menjadi keinginan untuk menjadikan wadah bermusik yang bisa memfasilitasi kebutuhan bermusik. Dari hasil penelitian ini hubungan sentiment menjadi sangat penting di jaringan indie agar band – band indie bisa tetap eksis. Potsjam merupakan salah satu wadah bermusik yang ada di jaringan indie. Aktor – aktor yang ada di Potsjam harus mampu memanipulasi hubungan kepentingan kedalam hubungan sentiment agar dapat mewadahi kebutuhan aktor – aktor dan band yang berada di Potsjam agar bisa terpenuhi dan tetap eksis di jaringan indie.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.sc
Uncontrolled Keywords: Manipulasi Hubungan, Hubungan Kepentingan, Hubungan Sentiment, Jaringan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:50
Last Modified: 01 Sep 2022 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111890

Actions (login required)

View Item View Item