EVALUASI PENERAPAN APLIKASI “SILAKEH” MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI RSUD dr. ADNAAN WD KOTA PAYAKUMBUH TAHUN 2022

Nugraha, Adi (2022) EVALUASI PENERAPAN APLIKASI “SILAKEH” MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI RSUD dr. ADNAAN WD KOTA PAYAKUMBUH TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstract and cover)
cover dan abstract.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (Full Text)
Tesis adi nugraha ok banget.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, profesionalisme, kinerja, serta kemudahan akses pelayanan rumah sakit. Tujuan bisnis RS agar dapat tercapai maka perlu adanya evaluasi terhadap sistem informasi diantaranya pemanfaatan aplikasi. Evaluasi terhadap penggunaan aplikasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapannya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan aplikasi “Silakeh” di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Desain penelitian adalah kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Focus Group Discussion, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan secara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian terkait penerapan aplikasi "Silakeh" dari sisi kemudahan pengguna sudah cukup efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem sebelumnya, dari sisi manfaat pengguna cukup mudah dan tidak ditemukan kendala dalam pengoperasiannya, dari sikap pengguna sudah diterima dengan baik oleh petugas hanya saja belum semua staf dapat mengikuti pelatihan, dari minat perilaku dirasa sangat efektif dan lebih cepat, tidak ditemukan kendala dalam penggoperasiannya, namun saat ini yang menjadi kendala dalam penggunaannya adalah terkait jaringan, dari sisi penggunaan yang sesungguhnya yakni belum dioperasikan di semua unit, dan belum terhubung ke semua poli, sistem ini baru dioperasikan di pendaftaran rawat jalan, rawat inap, IGD, dan apotik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:00
Last Modified: 30 Aug 2022 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111315

Actions (login required)

View Item View Item