Perilaku Konsumtif Belanja Online dengan Hashtag Shopeehaul di Media Sosial Tiktok Pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas

Nova, Erlita Sari (2022) Perilaku Konsumtif Belanja Online dengan Hashtag Shopeehaul di Media Sosial Tiktok Pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (2).pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
Penutup (1).pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK NOVA ERLITA SARI, BP 1710811002. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2022. Judul Skripsi : Perilaku Konsumtif Belanja Online Dengan Hashtag Shopeehaul di Media Sosial Tiktok pada Mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas, Pembimbing : Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si Skripsi ini membahas tentang perilaku konsumtif belanja online dengan hashtag Shopeehaul di media sosial Tiktok terhadap sembilan orang informan penelitian. Shopeehaul merupakan produk atau barang belanjaan yang dibeli oleh konsumen, yang kemudian di dokumentasikan dalam bentuk video unboxing dan diunggah ke media sosial seperti Youtube, Instagram dan yang paling banyak adalah dalam aplikasi TikTok. Belanja online sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup baru bagi mahasiswa untuk memenuhi kebutuhannya. Mahasiswa yang sudah merasakan kemudahan dan mendapatkan banyak keuntungan dari belanja online merasa kecanduan dan senantiasa menggunakan sistem belanja online. Sehingga pembelian dilakukan tanpa pertimbangan akan manfaat dan nilai guna barang yang dibeli. Perilaku konsumsi yang tinggi tersebut cenderung mendorong masyarakat untuk menjadi konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan yang menyebabkan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas, serta menjelaskan gaya hidup pengguna Shopee di kalangan mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional yang dikemukakan James S. Coleman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa alasan yang menyebabkan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas adalah (1) Mengisi waktu senggang (2) Belanja karena adanya diskon, (3) Belanja karena terpengaruh iklan, (4) Kemudahan dalam berbelanja, (5) Pilihan produk lengkap dan beragam, (6) Rekomendasi teman. Sedangkan gaya hidup pengguna Shopee di kalangan mahasiswa Sosiologi FISIP Universitas Andalas adalah (1) Mengikuti trend fashion, (2) Sering belanja online, (3) Konsumtif. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Shopeehaul ABSTRACT NOVA ERLITA SARI, BP 1710811002. Department of Sociology, Faculty of Social and Political Sciences, Andalas University, Padang, 2022. Thesis Title: Online Shopping Consumptive Behavior Using Hashtag Shopeehaul on Social Media Tiktok for Sociology Students FISIP Andalas University, Supervisor : Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si This thesis discusses the consumptive behavior of online shopping with the hashtag Shopeehaul on social media tiktok conducted by nine research informants. Shopeehaul is a product or shopping item purchased by consumers, which is then documented in the form of an unboxing video and then uploaded to social media such as Youtube, Instagram, and the most popular is the Tiktok application. Online shopping has become a new habit and lifestyle for students to fulfill their needs. Students who already feel the convenience and get many benefits from online shopping feel addicted and always use the online shopping system. So that the purchase is made without consideration of the benefits and use value of the goods purchased. This high behavior tends to encourage people to become consumptive. This study aims to describe the reasons that cause consumptive behavior in online shopping for Sociology FISIP Andalas University students, as well as explain the lifestyle of Shopee users among Sociology FISIP Andalas University students. The method in this research is to use a qualitative research approach with a descriptive type of research. Data was collected by means of in-depth interviews and observations. The selection of informants in this study was using a purposive sampling technique. The theory used is the theory of rational choice proposed by James S. Coleman. Based on the results of the study, there are several reasons that cause consumptive behavior in online shopping in Sociology FISIP Andalas University students, namely (1) Fill the free time (2) Shopping because of discounts, (3) Shopping because of being influenced by advertisements, (4) Ease of shopping, (5) Complete product choices and various, (6) Recommendations from friends. Meanwhile, the lifestyles of Shopee users among Sociology FISIP Andalas University students are (1) Following fashion trends, (2) Often shopping online, (3) Consumptive. Keywords : Consumptiv Behaviour, Online Shopping, Shopeehaul

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Shopeehaul
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:17
Last Modified: 30 Aug 2022 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111206

Actions (login required)

View Item View Item