Strategi Adaptasi Pedagang Makanan Ditengah Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Taman Batang Agam, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh)

Weni, Yuliana (2022) Strategi Adaptasi Pedagang Makanan Ditengah Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Taman Batang Agam, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER, ABSTRAK.docx - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.docx - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.docx - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

INTISARI Weni Yuliana. BP. 1610821013. Departemen Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. 2022. Judul “Strategi Adaptasi Pedagang Makanan DiTengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Taman Batang Agam, Kecamatan Payakmbuh Barat, Kota Payakumbuh)”. Salah satu objek wisata yang ada di Kota Payakumbuh adalah Taman batang Agam yang terletak di Pusat Kota Payakumbuh. Objek wisata ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian masyarakat Payakumbuh. Pada tahun 2020 Kota Payakumbuh mengalami pandemi Covid-19 yang memengaruhi perekonomian dan kesehatan masyarakat. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 pemerintah mengambil beberapa kebijakan yang menyebabkan lumpuhnya perekonomian masyarakat, terutama pada pedagang makanan yang berada di Taman Batang Agam. Pedagang ditutut untuk mencari strategi adaptasi ditengah pandemi Covid-19 dengan pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pedagang makanan dan mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan pedagang makanan ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yang mana informan dipilih sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan kriterianya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada perekonomian pedagang makanan di Taman Batang Agam. Adapun masalah yang dihadapi pedagang makanan saat pandemi Covid-19 di Taman Batang Agam yaitu: pembeli berkurang, pendapatan menurun, modal menipis, dan kesulitan mendapatkan bahan baku makanan. Akibat permasalahan tersebut pedagang makanan di Taman Batang Agam harus beradaptasi dengan keaadan saat ini dengan pengetahuan yang dimiliki. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang makanan agar makanannya habis terjual untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan cara: berjualan online, mematuhi protokol kesehatan, meminimalisir pengeluaran, mengubah waktu jualan dan mengganti menu jualan. Kata kunci: Strategi Adaptasi, Pedagang Makanan, Taman Batang Agam, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:23
Last Modified: 30 Aug 2022 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111200

Actions (login required)

View Item View Item