Analisis Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting untuk Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo (Studi Kasus: XD House Cafe and Resto)

Aulia, Putri Nazhira (2022) Analisis Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting untuk Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo (Studi Kasus: XD House Cafe and Resto). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
LTA 1811523008 Aulia Putri Nazhira skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dewasa ini, bisnis di bidang kuliner terus berkembang pesat. Para pelaku bisnis bersaing untuk mengembangkan strategi penjualan guna menarik minat pelanggan dan meningkatkan omzet penjualan. Salah satu strategi penjualan dalam bisnis kuliner yaitu menerapkan harga promo. Harga promo yang diberikan biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga normal, hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Para pemilik bisnis makanan biasanya menerapkan harga promo untuk mengenalkan produk baru, meningkatkan penjualan, menargetkan pelanggan baru, menjaga kestabilan penjualan, dan juga menjaga loyalitas pelanggan. Dalam menentukan harga promo harus mempertimbangkan beberapa hal agar menu promo yang disajikan selalu siap dan dapat memuaskan pelanggan. Namun, beberapa pemilik cafe masih melakukan pehitungan untuk promo produk makanan secara manual yaitu dengan hanya mempertimbangkan beberapa hal seperti kepopuleran menu serta stok bahan makanannya. XD House cafe and resto sendiri mengadakan harga promo dengan memperkirakan menu yang populer dikalangan konsumen. Namun, XD House cafe and resto masih kebingungan dalam memilih promo produk yang menyebabkan menu promo yang diadakan XD House cafe and resto tidak bervariasi dan hanya monoton pada satu menu. Untuk itu dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk memudahkan dalam menentukan pemilihan promo produk yang diadakan XD House cafe and resto. Metode yang digunakan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan ini adalah menggunakan metode perbandingan antara Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Hasil dalam perbandingan ini didapatkan metode Analytical Hierarchy Process merupakan metode yang lebih tepat dalam studi kasus pemilihan produk promo. Oleh karena itu, Metode AHP akan dijadikan sebagai model dalam pembangunan aplikasinya. Diharapkan pembangunan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan menu produk ini dapat memberikan kemudahan bagi pemilik cafe dalam memilih promo produk yang terekomendasi dan memenuhi kriteria kelayakan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:05
Last Modified: 31 Aug 2022 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/111166

Actions (login required)

View Item View Item