Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Program A2018 Dalam Menyusun Skripsi Di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Putri, Agesty Dwiriani (2022) Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Program A2018 Dalam Menyusun Skripsi Di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (BAB I)
BAB l.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Kesimpulan & Saran)
BAB VII (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (SKRIPSI_AGESTY DWIRIANI PUTRI)
SKRIPSI FULL_AGESTY DWIRIANI PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Selama proses penyusunan skripsi setiap mahasiswa akan memiliki tingkat motivasi yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi yaitu faktor psikologis stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan motivasi mahasiswa program A2018 dalam menyusun skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 81 responden. Instrumen menggunakan kuesioner Perceived Stres Scale (PSS-10) yang sudah dimodifikasi untuk tingkat stres dan kuesioner motivasi untuk motivasi menyususn skripsi. Hasil penelitian didapatkan setengah dari responden mengalami tingkat stres sedang (50,6%) dan sebagian besar responden memiliki motivasi tinggi sebanyak (56,8%). Berdasarkan hasil uji statistik chi square diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan motivasi mahasiswa program A2018 dalam menyusun skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diharapkan bagi institusi agar melakukan pemeriksaan tingkat stres mahasiswa menyusun skripsi secara berkala dan mengontrol stres dengan memberikan intervensi kelompok dengan teknik self help group (SHG) serta memaksimalkan fungsi social support untuk meningkatkan motivasi mahasiswa selama proses penyusunan skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Moh. Jamil, S.Kp., M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:01
Last Modified: 29 Aug 2022 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110673

Actions (login required)

View Item View Item