PENGARUH EDUKASI PENGELOLAAN BERAT BADAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA HIPERTENSI DENGAN BERAT BADAN BERLEBIH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA

Lili, Resta Septiana (2022) PENGARUH EDUKASI PENGELOLAAN BERAT BADAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA HIPERTENSI DENGAN BERAT BADAN BERLEBIH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (bab penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (skripsi full taxt)
SKRIPSI LILI RESTA SEPTIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Data Riskesdas (2018) menyebutkan sebanyak 30,1% prevalensi hipertensi merupakan penderita kelebihan berat badan. Maka perlu upaya untuk mengurangi risiko peningkatan tekanan darah pada pasien hipertensi dengan berat badan berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap penderita hipertensi dengan berat badan berlebih di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan rancangan one group pre-test dan post-tes. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel berjumlah 40 penderita hipertensi dengan berat badan berlebih. Analisis data yang digunakan untuk pengetahuan adalah uji Marginal Homogenity dan sikap menggunakan Mc Nemar. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang bermakna edukasi pengelolaan berat badan terhadap pengetahuan penderita hipertensi dengan berat badan berlebih di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya dengan nilai p value=0,000 dan 5. Terdapat pengaruh yang bermakna edukasi pengelolaan berat badan terhadap sikap penderita hipertensi dengan berat badan berlebih di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya dengan nilai p value=0,002. Puskesmas pelayanan tingkat pertama lebih mengoptimalkan pemberian edukasi kesehatan mengenai pengelolaan berat badan kepada penderita hipertensi khususnya menekankan mengenai materi makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Reni Prima Gusty, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Berat Badan, Hipertensi, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:19
Last Modified: 29 Aug 2022 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110587

Actions (login required)

View Item View Item