FENOMENA MENYONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Terhadap Siswa SMP Negeri 26 Padang)

Shelly, Novriandita (2022) FENOMENA MENYONTEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Terhadap Siswa SMP Negeri 26 Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Shelly.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan) Shelly.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (BAB IV (Kesimpulan))
BAB IV (Kesimpulan) Shelly.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Shelly.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Shelly Novriandita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tolak ukur dari diserapnya pendidikan yang dijalani oleh seseorang salah satunya melalui nilai yang diraihnya. Penilaian tersebut bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh manakah kemampuan seorang siswa. Namun, dalam memperoleh nilai tersebut siswa seringkali menempuh cara-cara yang tidak jujur dan curang, salah satunya dengan menyontek. Menyontek merupakan salah satu fenomena pendidikan yang belum dapat dihilangkan pada setiap proses belajar mengajar, dan tiap jenjang pendidikan, tidak terkecuali pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Terlebih lagi setelah diterapkannya metode Pembelajaran Jarak Jauh karena penyebaran virus covid-19 di Indonesia, besar kemungkinan tindakan menyontek bisa dilakukan dengan mudah oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindakan menyontek yang dilakukan siswa dan because motive serta in order to motive siswa Sekolah Menengah Pertama menyontek pada pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, serta pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan cara disengaja (purposive sampling). Teori yang digunakan adalah teori yang dipelopori oleh Alfred Schutz yaitu teori fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk tindakan menyontek yang dilakukan siswa adalah searching di internet, berdiskusi, bertanya dan memberikan jawaban melalui WhatsApp, serta meminta bantuan kepada anggota keluarga. Adapun hasil analisis permasalahan penelitian ini ditemukan bahwa because motive siswa sekolah menengah pertama menyontek saat pembelajaran jarak jauh, antara lain: kemudahan yang didapatkan dengan menyontek, memenuhi tuntutan orang tua, guru mengapresiasi nilai tinggi dan meniru tindakan menyontek teman sebayanya. Adapun in order to motivenya, yaitu: mempererat hubungan pertemanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si Dra. Nini Anggraini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Siswa, Fenomena, Menyontek, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:38
Last Modified: 26 Aug 2022 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110556

Actions (login required)

View Item View Item