Analisis Kandungan Gizi (Protein, Lemak, Air dan pH), Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standart Operational Procedure (SSOP) Penjual Produk Ampiang Dadiah di Pasar Atas Kota Bukittinggi

AFDHOL, AFDHOL (2022) Analisis Kandungan Gizi (Protein, Lemak, Air dan pH), Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standart Operational Procedure (SSOP) Penjual Produk Ampiang Dadiah di Pasar Atas Kota Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover skripsi.pdf - Published Version

Download (636kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS KANDUNGAN GIZI (PROTEIN, LEMAK, AIR DAN pH), GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN SANITATION STANDART OPERATIONAL PROCEDURE (SSOP) PENJUAL PRODUK AMPIANG DADIAH DI PASAR ATAS KOTA BUKITTINGGI Afdhol, dibawah bimbingan Ade Sukma S. Pt, MP, Ph. D dan Ade Rakhmadi, S. Pt, MP Departemen Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi (protein, lemak, air dan pH), konsistensi nutrisi pada komposisi produk ampiang dadiah, penerapan Good Manufacturing Practices (GMP), dan Sanitation Standart Operational Procedure (SSOP) dari penjual produk ampiang dadiah di Pasar Atas Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan empat responden produk ampiang dadiah di Pasar Atas Kota Bukittinggi yaitu ampiang dadiah HMN 1, ampiang dadiah HMN 2, ampiang dadiah SNU, dan ampiang dadiah RMSR. Dalam pengumpulan sampel, sampel disimpan dalam cool box dan ditambahkan es gel dengan keadaan beku untuk mencegah terjadinya metabolisme starter dadih pada produk ampiang dadiah. Metode penelitian adalah purposive sampling dengan didukung descriptive laboratory dengan melakukan pengamatan serta wawancara langsung dengan penjual (responden) produk ampiang dadiah. Kriteria yang digunakan dalam menetapkan jumlah sampel yaitu penjual produk ampiang dadiah minimal satu tahun, frekuensi produksi ampiang dadiah setiap hari, dan mempunyai warung yang tetap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kandungan gizi produk ampiang dadiah di Pasar Atas Kota Bukittinggi didapatkan kadar protein 6.87% ± 1.84, kadar lemak 0.75% ± 0.23, kadar air 61.37% ± 3.25, dan nilai pH 4.98 ± 0.45. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, seluruh responden sudah menerapkan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Sanitation Standart Operational Procedure (SSOP) yang baik. Kata Kunci: Dadih, ampiang dadiah, GMP, dan SSOP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Sukma, S. Pt, MP, Ph.D
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:59
Last Modified: 26 Aug 2022 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110493

Actions (login required)

View Item View Item