HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 02 PERCONTOHAN BUKITTINGGI

Nanda, Amelia (2022) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 02 PERCONTOHAN BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mental emosional anak usia sekolah menjelang memasuki usia pubertas menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan anak. Di Indonesia sendiri sudah mencapai 9.6% angka gangguan mental emosional pada tahun 2018. Banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak usia sekolah, salah satunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dengan penggunaan gadget. Penggunaan gadget tidak dapat dihindari, ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat semakin tingginya penggunaan gadget. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Sekolah di SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi yaitu 209 orang kemudian sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 138 siswa dari kelas IV dan V. Pengumpulan data melalui kuesioner untuk melihat intensitas penggunaan gadget dan kecerdasan emosional pada anak usia sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata intensitas penggunaan gadget 2 jam 58 menit 8 detik, sedangkan kecerdasan emosional dengan rata-rata 28.51. Penelitian ini dianalisis menggunakan Spearman Correlation yang sudah dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Didapatkan pvalue 0.000 < 0.05, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan kecerdaan emosional pada responden di SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Koefisien korelasi (r) didapatkan -0.328 yang bernilai negatif dan mempunyai hubungan lemah. Saran diharapkan pada keluarga dan pihak sekolah selalu memantau penggunaan gadget pada anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: intensitas penggunaan gadget, kecerdasan emosional, anak usia sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:40
Last Modified: 31 Aug 2022 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110261

Actions (login required)

View Item View Item