ASRUL DT. KODO: SENIMAN RANDAI DAN SIJOBANG DARI NAGARI SUNGAI TALANG, KECAMATAN GUGUAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA 1972-2019

Muhammad, Jefri (2022) ASRUL DT. KODO: SENIMAN RANDAI DAN SIJOBANG DARI NAGARI SUNGAI TALANG, KECAMATAN GUGUAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA 1972-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Asrul Dt. Kodo: Seniman Randai Dan Sijobang Dari Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota 1972-2019. Pokok permasalahan dalam kajian ini mengungkapkan kehidupan pribadi Asrul Dt. Kodo dalam kehidupan pribadinya sebagai seorang tokoh adat yang terjun kedalam dunia seni randai dan sijobang. Penulisan ini melakukan pendekatan sejarah pengalaman hidup (life history), maka kajian skripsi ini juga mengungkapkan latar belakang keluarga, masa kecil, pendidikan Asrul Dt. Kodo serta kiprah Asrul Dt. Kodo dalam dunia Berkesenian Randai dan Sijobang. Penulisan ini dilakukan dengan mengunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Tahap awal adalah mengumpulkan sumber yang dilakukan dengan studi kepustakaan, studi kearsipan, studi lapangan dengan melakukan wawancara pada pelaku sejarah sebagai metode sejarah lisan. Melalui tahap-tahap tersebut diupayakan agar penulisan ini terarah sesuai dengan sasaran yang hendak dicapai yaitu karya sejarah yang bercorak deskriptif-analisis. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Asrul Dt. Kodo adalah seorang tokoh seniman yang berlatar belakang sebagai seorang penghulu di Minangkabau. Sebagai seorang seniman Asrul Dt. Kodo berhasil meraih banyak prestasi dan penghargaan dalam berkesenian Randai Saedar Janela. Pada Seni Sijobang Asrul Dt. Kodo selalu berusaha mempertahankan kesenian Asli Luhak Limo Puluah Koto tersebut. Keberhasilannya dalam bermain Sijobang dapat dilihat dari banyaknya undangan untuk tampil di berbagai daerah, termasuk Ibu Kota Jakarta serta banyak dikunjungi langsung oleh tamu mancanegara salah satunya Prof. Nighel Philips. Keberhasilan Asrul Dt. Kodo dalam bermain seni tidak membuatnya lupa akan kewajibannya sebagai seorang kepala rumah tangga dan seorang Datuak kaum suku Tanjuang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Purwo Husodo, M.Hum
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 24 Aug 2022 10:21
Last Modified: 24 Aug 2022 10:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110236

Actions (login required)

View Item View Item