Hubungan Kepatuhan Diet dan Sosial Ekonomi dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Ibuh Kota Payakumbuh Tahun 2022

Shinta, Bella (2022) Hubungan Kepatuhan Diet dan Sosial Ekonomi dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Ibuh Kota Payakumbuh Tahun 2022. Diploma thesis, University of Andalas.

[img] Text (Cover)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Bab 7 penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes Mellitus meningkat pesat di seluruh dunia terutama di negara yang berpenghasilan rendah. Hal itu diperkirakan karena ketidakpatuhan diet yang mengakibatkan komplikasi dan penurunan kualitas hidup. Sosial ekonomi juga dianggap memiliki hubungan erat dengan kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus. Namun, masih sedikit penelitian yang membahas hubungan antara sosial ekonomi dengan kualitas hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan diet dan sosial ekonomi dengan kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus di wilayah kerja Puskesmas Ibuh Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu penderita Diabetes Mellitus di wilayah kerja Puskesmas Ibuh Kota Payakumbuh yang berjumlah 143 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner DQOL (Diabetes Quality Of Life), kuesioner kepatuhan diet dan kuesioner sosial ekonomi. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan 53,1% patuh diet, 41,3% berada pada sosial ekonomi menengah dan 54,5% kualitas hidup baik. Terdapat hubungan antara kepatuhan diet dengan kualitas hidup dan tidak terdapat hubungan antara sosial ekonomi dengan kualitas hidup. Diharapkan petugas kesehatan memberikan edukasi tentang diet dan penyakit terutama kepada lansia agar tercapainya kualitas hidup yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN., PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:20
Last Modified: 22 Aug 2022 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109629

Actions (login required)

View Item View Item