Diva, Yolanda (2022) Hubungan Health Literacy dan Parenting Self-Efficacy pada Orang Tua dengan Anak Usia 1-3 Tahun. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (652kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version Download (631kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kesehatan anak menjadi salah satu aspek yang paling utama diperhatikan orang tua dengan anak usia 1-3 tahun. Sangat penting bagi orang tua untuk memiliki pemahaman terkait informasi kesehatan anak sehingga dapat menerapkan informasi tersebut dalam menjaga kesehatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan health literacy dan parenting self-efficacy pada orang tua dengan anak usia 1-3 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa korelasi dengan teknik analisis pearson product moment. Responden dalam penelitian ini berjumlah 207 orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan adaptasi alat ukur chineese parental health literacy questionnaire (α = .89) and parenting sense of competence (α = .76). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan health literacy dan parenting self-efficacy pada orang tua dengan anak usia 1-3 tahun, dapat dilihat dari hasil analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar .277 yang berada pada karegori lemah dan nilai signifikansi (p) sebesar .000.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Dessy Arisanty, M.Sc |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:08 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109194 |
Actions (login required)
View Item |