STUDI EKSPERIMENTAL PERKUATAN GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG BERPENAMPANG LINGKARAN DENGAN LEMBARAN CFRP

Arita, Asrianur (2022) STUDI EKSPERIMENTAL PERKUATAN GESER ELEMEN STRUKTUR BETON BERTULANG BERPENAMPANG LINGKARAN DENGAN LEMBARAN CFRP. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstract.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laporan ini memaparkan tentang perilaku geser elemen struktur beton bertulang berpenampang lingkaran yang diperkuat lembaran CFRP. Total sebanyak sembilan buah benda uji dengan tiga tipe dan rasio tulangan yang berbeda. Tiga benda uji tanpa sengkang, tiga lagi benda uji pakai sengkang dan tiga benda uji sisanya tidak memakai sengkang namun dipasang lembaran CFRP yang melilit penuh (full wrap) berupa strip pada permukaan betonnya. Pengujian ini dilakukan untuk mendapatkan kontribusi pemasangan lembaran CFRP terhadap peningkatan kapasitas geser suatu elemen struktur beton bertulang berpenampang lingkaran. Pengujian dilakukan dengan Four-Point Shear Testing, metode pengujian dengan benda uji beton yang dibebani asimetris diatas tumpuan sendi dan rol yang terdapat bentang overhang. Metode pembebanan ini (simply supported beam with overhang) menghasilkan bagian tengah bentang benda uji mendapatkan gaya dalam yang diinginkan, seperti gaya dalam yang dialami oleh struktur beton bertulang berpenampang lingkaran yang umumnya digunakan sebagai kolom di suatu portal gedung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa elemen struktur yang tidak diberi sengkang pada bentang gesernya mengalami kegagalan akibat gaya geser dengan pola retak diagonal yang besar. Sedangkan elemen struktur yang diberi sengkang dan atau diperkuat dengan lembaran CFRP mengalami kegagalan lentur. Kontribusi dari beton, sengkang dan lembaran CFRP dalam memikul beban geser juga dihitung secara teoritis dan ditampilkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan kapasitas geser yang diberikan lembaran CFRP cukup besar bahkan lebih tinggi dari kapasitas geser sengkang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Rendy Thamrin
Uncontrolled Keywords: Perkuatan lembaran CFRP, elemen struktur beton bertulang berpenampang lingkaran, kapasitas geser, kegagalan lentur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:02
Last Modified: 16 Aug 2022 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/109054

Actions (login required)

View Item View Item