FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN KELUARGA DIMASA PANDEMI COVID 19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAME KOTA PALEMBANG TAHUN 2021

RICE, HERNANDA (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN KELUARGA DIMASA PANDEMI COVID 19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKARAME KOTA PALEMBANG TAHUN 2021. Masters thesis, Universitas andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (TESIS full taxs)
TESIS RICE HERNANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena wabah COVID 19 menjadi masalah baru yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan Kota Palembang menjadi salah satu daerah dengan angka kasus covid yang tinggi dengan ditandai makin meningkatnya penderita COVID 19 setiap hari. Hal ini tentu akan menimbulkan kecemasan bagi pihak keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan kecemasan keluarga dimasa pandemi COVID 19 di wilayah kerja Sukarame Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Penelitian dilakukan di bulan agustus dengan sampel sebanyak 206 reponden. Instrumen penelitian berupa kuisioner kemudian dilakukan analisis data multivariat Regresi Logistic Odd Ratio kemudian dideskripsikan dengan tahaoan Editing, Pengkodean, Pemerosesan, dan Pembersihan Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Pendidikan, pengetahuan, sikap, pelayanan kesehatan dan dukungan tokoh masyarakat memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan keluarga dimasa pandemi COVID 19 di Puskesmas Sukarame tahun 2021. Dari seluruh faktor menunjukkan pelayanan kesehatan sebagai faktor dominan yang berhubungan dengan kecemasan keluarga di masa pandemi COVID 19 dengan nilai OR 3,867. Adapun peluang kecemasan keluarga yang dialami dengan faktor Pendidikan, pengetahuan, sikap, pelayanan kesehatan dan dukungan tokoh masyarakat tersebut hanya sebesar 81,9% selebihnya yaitu 18,1% adalah faktor lain di luar penelitian ini. Saran yang dapat diberikan bagi tenaga kesehatan supaya meningkatkan upaya penyuluhan khususnya bagi keluarga yang terpapar covid. Selanjutnya bagi masyarakat sebaiknya memahami tentang informasi COVID 19 dari berbagai sumber media.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Budhi Mulyadi, S.Kp.,M.Kep., Sp.Kom
Uncontrolled Keywords: Faktor – Faktor yang Berpengaruh, Kecemasan Keluarga, Masa Pandemi COVID 19.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:37
Last Modified: 15 Aug 2022 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108870

Actions (login required)

View Item View Item