Kinerja Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang

Melia, Oktora (2022) Kinerja Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK MELIA OKTORA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (739kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL WATERMARK MELIA OKTORA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Melia Oktora, 1810842002, Kinerja Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2022. Dibimbing oleh: Kusdarini, S.IP, M.PA dan Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 150 halaman dengan referensi 7 Buku Teori, 3 Buku Metode, 4 Jurnal, 2 Skripsi, 8 Dokumen, dan 1 Sumber Internet. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang meraih penghargaan sebagai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Terbaik se-Provinsi Sumatera Barat untuk wilayah kategori kota Tahun 2021, namun setelah dilakukan observasi awal peneliti menemukan beberapa permasalahan terkait kinerja organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Saya sebagai peneliti mendeskripsikan Kinerja Organisasi Dalam Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak sembilan belas orang dan teknik analisis data interactive model dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori kinerja yang dikemukakan oleh Wibowo, dalam teori imi menyatakan optimalnya kinerja suatu organisasi dipengaruhi oleh empat variabel yaitu input, proses, output, dan outcome. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang ini menunjukkan indikasi belum optimal. Peneliti menemukan bahwa dalam kinerja organisasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil belum melakukan pengembangan SDM dengan maksimal, pemeliharaan sarana yang belum diprioritaskan, perencanaan yang dilakukan belum secara detail, belum melakukan monitoring khusus dan rutin untuk pengecekan alat-alat yang digunakan. Oleh karena itu diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang mengoptimalkan pelatihan kepada seluruh pegawai, membuat dokumen petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan, serta konsisten dalam melakukan SKM kepada masyarakat. Kata Kunci : Kinerja, Disdukcapil, Administrasi Kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 16 Aug 2022 06:49
Last Modified: 16 Aug 2022 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108814

Actions (login required)

View Item View Item