PENGENDALIAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PENGENDARA MOTOR DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Kelurahan Padang sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang)

Tresa, Yulia Fitri (2022) PENGENDALIAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PENGENDARA MOTOR DI BAWAH UMUR (Studi Kasus di Kelurahan Padang sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text (BAB IV (Kesimpulan))
BAB IV (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya berbagai sarana transportasi sangat membantu manusia dalam menunjang aktivitasya sehari-hari yang semakin kompleks dan beragam. Salah satunya yakni sepeda motor. Namun, akibat peningkatan dan percepatan dalam mobilitas membuat penggunaan sepeda motor tidak hanya digunakan oleh orang dewasa tetapi juga ikut digunakan oleh anak di bawah umur. Penggunaan sepeda motor pada anak di bawah umur lebih berisiko terjadinya kecelakaan serta pelanggaran dalam berkendara. Di Kelurahan Padang Sarai menjadi kawasan maraknya anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor. Skripsi ini membahas Kendala yang Dihadapi Orang Tua Dalam Mengontrol Anak Sebagai Pengendara Motor Dibawah Umur di Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya pengendalian orang tua dalam mengontrol anak berkendara serta kendala orang tua dalam melakukan pengendalian terhadap anak yang mengendarai sepeda motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan prosedur teknik purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi serta penyebaran kuesioner kepada 98 responden. Kuesioner disini tidak dipergunakan secara mendalam karena digunakan hanya untuk melihat persentase dari jawaban orang tua terkait pengendalian pengendara motor di bawah umur. Teori yang digunakan adalah Teori Kontrol Sosial dari Travis Hirshci mengenai social bond. Hasil penelitian menunjukan adanya upaya kontrol yang dilakukan orang tua, yakni dengan cara preventif dan represif. Pengendalian preventif ditempuh dengan cara menasihati, membatasi dan mengawasi lingkungan pertemanan, serta menyibukan anak dengan kegiatan bermanfaat. Sedangkan dalam melakukan pengendalian represif orang tua menempuh upaya kontrol berupa memarahi (mengancam & fisik), menyita motor hingga mengurangi uang saku. Dalam proses pengendalian yang dilakukan orang tua mengalami berbagai kendala di lapangan, adapun kendala yang dihadapi yakni: Anak abai terhadap larangan orang tua, pengaruh teman sebaya, seulit mengawasi secara langsung, dan karena salah satu pihak tidak tegas mengontrol anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Alfan Miko, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Sosial, Anak Dibawah Umur, Sepeda Motor, Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:01
Last Modified: 10 Aug 2022 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108583

Actions (login required)

View Item View Item