Tindakan Sosial Mahasiswa Dalam Acuan Protokol Kesehatan Dalam Interaksi Kampus Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap : Mahasiswa Universitas Andalas Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Sosiologi)

Reni, Anggrayni (2022) Tindakan Sosial Mahasiswa Dalam Acuan Protokol Kesehatan Dalam Interaksi Kampus Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap : Mahasiswa Universitas Andalas Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Sosiologi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK RENI ANGGRAYNI, 1810813002. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Judul Skripsi : Tindakan Sosial Mahasiswa Dalam Acuan Protokol Kesehatan Dalam Interaksi Kampus Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap : Mahasiswa Universitas Andalas Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Sosiologi). Pembimbing I Drs. Yulkardi, M.Si. Dimulai pada tahun 2019 dunia termasuk Indonesia di serang oleh wabah yang dikenal dengan sebutan virus corona atau virus Covid-19. Dengan penambahan kasus setiap harinya pemerintah mengeluarkan aturan yang di sebut protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus ini lebih luas. Tindakan protokol kesehatan diharapkan akan berjalan dengan baik oleh masyarakat khususnya penelitian ini pada mahasiswa. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan, pengalaman, makna, dan tindakan sosial mahasiswa dalam acuan protokol kesehatan dalam interaksi kampus dimasa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini untuk memahami tindakan sosial mahasiswa terhadap acuan protokol kesehatan dalam interaksi kampus di masa pandemi Covid-19, peneliti menggunakan teori dan pemikiran Max Weber. Tindakan sosial menurut Max Weber yaitu suatu tindakan yang memiliki arti atau makna subjektif bagi dirinya dan dikaitkan dengan orang lain. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan informan penelitian dengan menentukan kriteria-kriteria yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan, pengalaman, serta makna yang akan mendasari tindakan mahasiswa dalam menerapkan tindakan protokol kesehatan. Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki mahasiswa terhadap protokol kesehatan akan menghasilkan makna baik dan buruk. Makna yang dihasilkan ini yang akan menjadi dasar dari tindakan yang akan dimunculkan oleh mahasiswa dalam acuan protokol kesehatan. Tindakan yang dimunculkan berupa patuh protokol kesehatan, mengingatkan orang lain, dan membawa perlengkapan pribadi. Selanjutnya terdapat juga tindakan mahasiswa yang melepaskan masker saat berbincang dengan orang lain dan tidak taat protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Tindakan yang dimunculkan ini juga didasarkan oleh alasan kasus Covid-19 yang telah mengalami penurunan. Kata Kunci : Tindakan Sosial, Pengetahuan, Makna, Protokol Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yulkardi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:39
Last Modified: 10 Aug 2022 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108561

Actions (login required)

View Item View Item