Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Sarjana Angkatan 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Abdi, Gita Protesa (2022) Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Sarjana Angkatan 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu penyakit, lingkungan, kelelahan, obat-obatan, alcohol, motivasi dan kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir program sarjana angkatan 2018 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 94 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS/SRAS) untuk kecemasan dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk kualitas tidur. Hasil analisa univariat didapatkan skor rata-rata kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir sebesar 39,85 (nilai SD = 9,507, min-max = 20-80) dan skor rata-rata kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir sebesar 7,88 (nilai SD = 2,774, min-max = 2-14). Hasil uji Pearson Product Moment didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan kualitas tidur (p-value = 0,000) dengan korelasi positif atau searah (r = 0,597) dengan kekuatan korelasi cukup kuat. Peneliti ini memberi saran agar mahasiswa menerapkan strategi-strategi pencegahan untuk mengatasi masalah kecemasan sehingga tidak berdampak terhadap kualitas tidur mahasiswa tingkat akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:46
Last Modified: 10 Aug 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108544

Actions (login required)

View Item View Item