FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 34 PADANG TAHUN 2021

Vanny, Andirozse Ahsa (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMPN 34 PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan reproduksi masih menjadi masalah serius sebab minimnya pengetahuan yang dimiliki tentang keputihan oleh remaja wanita Indonesia, sehingga penanganan tenaga kesehatan tidak dibutuhkan. Vulva Hygiene merupakan tindakan memelihara kesehatan dan membersihkan organ eksternal genetalia perempuan untuk mempertahankan dan mencegah infeksi. Faktor yang memengaruhi perilaku kesehatan seseorang, yaitu faktor predisposisi, faktor penguat, dan faktor pemungkin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan vulva hygiene saat menstruasi pada remaja putri di SMPN 34 Padang tahun 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 155 responden dengan cara pengambilan sampel secara sengaja dengan persyaratan yang diperlukan. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap, perilaku, dan dukungan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 68,4% responden memiliki pengetahuan baik, 78,1% responden memiliki sikap baik, 81,3% responden memiliki perilaku baik, 87,1% responden memiliki dukungan keluarga baik. berdasarkan analisis bivariat menggunakan uji chi-square terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga dengan perilaku vulva hygiene (p= 0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar dari siswi SMPN 34 Padang sudah memiliki pengetahuan, sikap, perilaku, dan dukungan orang tua tentang vulva hygiene, dan juga terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan orang tua terhadap perilaku siswi mengenai vulva hygiene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Pengetahuan, Perilaku, Sikap, Vulva Hygiene
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:52
Last Modified: 10 Aug 2022 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108529

Actions (login required)

View Item View Item