HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MANAJEMEN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 PADA MASA PANDEMl COVlD-19 DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2021

Shintia, Lara Delfi (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MANAJEMEN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 PADA MASA PANDEMl COVlD-19 DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrack)
cover + abstrak (1).pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan (2).pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19 program pelayanan pasien PROLANIS di Puskesmas tidak berjalan dengan optimal,sehingga berdampak pada manajemen diri pasien diabetes mellitus tipe 2. Dalam manajemen diri yang baik diperlukan dukungan keluarga sebagai pendamping utama dalam penatalaksanannya sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara dukungan keluarga dengan manajemen diri pada pasien diabetes mellitus tipe 2 pada masa pandemi COVID-19 di wilayah kerja Puskesmas Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan startifed menggunakan design stratified sampling pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel 74 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner DMSQ untuk manajemen diri dan HDFSS untuk dukungan keluarga. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan pasien diabetes meliitus tipe 2 memiliki dukungan keluarga yang cukup dan manajemen diri yang cukup dimana p value 0,000 dan nilai korelasi r = 0,818. Disarankan kepada puskesmas agar dapat memberikan penyuluhan kepada responden mengenai aktivitas fisik dan manajemen diet, serta membuat program pembinaan bagi keluarga yang tinggal bersama pasien dan memberikan informasi tentang bagaimana cara memberikan dukungan serta bentuk dukungan yang dibutuhkan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini,S.Kp.,MN.,PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:50
Last Modified: 09 Aug 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108473

Actions (login required)

View Item View Item