Pemanfaatan Modal Sosial Pengusaha Home Industry Kerupuk Pitalah Bertahan Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi: Jorong Haru Nagari Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar)

Salsabilla, Salma (2022) Pemanfaatan Modal Sosial Pengusaha Home Industry Kerupuk Pitalah Bertahan Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi: Jorong Haru Nagari Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (Bab 4 Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (Text Skrisi Full)
Salma Salsabilla_ Eskripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK SALMA SALSABILLA. 1810811024. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uiversitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Pemanfaatan Modal Sosial Pengusaha Home industry Kerupuk Pitalah Bertahan Pada Saat Covid-19 di Jorong Haru, Nagari Bungo Tanjung, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Pembimbing Dr. Azwar, M.Si. Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan modal sosial para pelaku atau pengusaha home industry kerupuk pitalah di Jorong Haru pada saat pandemi Covid-19. Tujuan dari skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan pemanfaatan jaringan dan kepercayaan pelaku home industry kerupuk pitalah di Jorong Haru, Nagari Bungo Tanjung,Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar bertahan pada saat pandemi Covid-19. 2) Mendeskripsikan bentuk modal sosial yang paling dominan dari pelaku home industry kerupuk pitalah di Jorong Haru, Nagari Bungo Tanjung, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar bertahan pada saat pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Modal Sosial dari Robert MZ Lawang. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah metode penelitian kualitatif, data penelitian didapatkan melalui wawancara mendalam dan observasi . Penemuan informan mengunakan teknik Purposive Sampling. Unit analisisnya adalah para pengusaha home industry kerupuk pitalah di Jorong Haru. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pemanfaaatan modal sosial menjadi strategi para pengusaha home industry kerupuk pitalah dalam menghadapi masalah ekonomi pada saat pandemi Covid-19 agar omzet pendapatan tersebut tetap stabil. Jaringan sosial yang dimanfaatkan seperti membangun jaringan dengan sesama para pengusaha home industry kerupuk pitalah, pembeli, distributor kerupuk pitalah yang dikerahkan untuk mendapatkan dan memperluas jaringan bisnis dan pelanggan saat pandemi Covid-19. Kepercayaan yang dibangun oleh pengusaha kerupuk pitalah dengan para pembeli, sesama pengusaha home industry kerupuk pitalah dilakukan sehingga dapat membangun hubungan yang berkelanjutan, kepercayaan pemerintah terhadap pengusaha home industry kerupuk pitalah seperti memberikan modal usaha kepada para pengusaha yang berimbas langsung terhadap pandemi Covid-19 ini. Dalam norma para pengusaha home industry mematuhi aturan protokol kesehatan dalam proses produksi dan kegiatan jual dan beli di pasar, adanya resiprositas antara pengusaha home industry kerupuk pitalah dalam mengatasi hal-hal yang sama dianatar mereka. Kata Kunci: Home industry, modal sosial dan pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azwar, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:29
Last Modified: 04 Aug 2022 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108297

Actions (login required)

View Item View Item