HUBUNGAN ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES (ACEs) DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM A S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

ZELA, INDRIANI (2022) HUBUNGAN ADVERSE CHILDHOOD EXPERIENCES (ACEs) DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM A S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Skripsi full taxt)
SKRIPSI_full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami masalah psikologis terutama kecemasan. Kecemasan pada mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu Adverse Childhood Experiences (ACEs). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur hubungan Adverse Childhood Experiences (ACEs) dengan kecemasan pada mahasiswa program A S1 keperawatan Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 237 responden yang dipilih menggunakan stratified random sampling sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Anxiety Disorder 7 (GAD-7) dan Adverse Childhood Experiences International Questionnaire (ACE-IQ). Pada analisa univariat didapatkan rerata skor ACEs pada mahasiswa Program A S1 Keperawatan Universitas Andalas adalah 2,47 dengan rerata doman tertinggi yaitu pengabaian (neglect) dan rerata skor kecemasan pada mahasiswa Program A S1 Keperawatan Universitas Andalas adalah 8,24. Analisa bivariat dalam penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Adverse Childhood Experiences (ACEs) dengan kecemasan (p-value = 0,000) yang memiliki arah korelasi positif atau searah (r = 0,235) dengan kekuatan korelasi yang lemah. Diharapkan kepada institusi pendidikan keperawatan untuk mengadakan program konseling maupun intervensi khusus untuk mencegah dan mengatasi masalah kecemasan pada mahasiswa keperawatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S. Kp., MA
Uncontrolled Keywords: Adverse childhood experiences, ACEs, Kecemasan, Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:26
Last Modified: 20 Jul 2022 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107438

Actions (login required)

View Item View Item