HUBUNGAN PERAN PEMBIMBING DAN PENGETAHUAN DENGAN PERSEPSI MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN TENTANG KETERAMPILAN TRIASE DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

VEBBY, FITRI NUR’ARITA (2022) HUBUNGAN PERAN PEMBIMBING DAN PENGETAHUAN DENGAN PERSEPSI MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN TENTANG KETERAMPILAN TRIASE DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi full taxt)
SKRIPSI_1811313021_VEBBY FITRI NUR'ARITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswa profesi keperawatan dituntut untuk memiliki keterampilan dalam melakukan triase. Agar ketika mahasiswa profesi keperawatan melakukan triase tidak terjadi over triage dan under triage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran pembimbing dan pengetahuan dengan persepsi mahasiswa profesi keperawatan tentang keterampilan triase di instalasi gawat darurat RSUP DR. M. Djamil Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dimana penelitian dilakukan selama 1 bulan. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 84 orang mahasiswa profesi keperawatan yang berasal dari 4 institusi pendidikan. Pengambilan data menggunakan instrument yaitu kuesioner peran pembimbing, kuesioner pengetahuan triase, dan kuesioner keterampilan triase. Hasil penelitian didapatkan 58,3% peran pembimbing mahasiswa baik, 53,6% pengetahuan triase mahasiswa cukup, dan 58,3% mahasiswa mempersepsikan keterampilan triasenya baik. Terdapat hubungan peran pembimbing dan pengetahuan dengan persepsi keterampilan triase mahasiswa profesi keperatan dengan P value < 0,05. Disarankan untuk diadakannya pelatihan preseptorship agar dapat meningkatkan peran pembimbing dengan optimal. Dan disarankan untuk menambah jumlah pertemuan perkuliahan mengenai triase yang menggunakan sistem pembelajaran secara role play atau scenario agar dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan triase mahasiswa profesi keperawatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: keterampilan triase, peran pembimbing, pengetahuan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:28
Last Modified: 20 Jul 2022 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107432

Actions (login required)

View Item View Item