ANALISIS KEBUTUHAN DOKTER JAGA IGD RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG BERDASARKAN BEBAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE WORKLOAD INDICATOR STAFFING NEEDS (WISN)

RARA, NURUL FITRI KHUMAIRA (2022) ANALISIS KEBUTUHAN DOKTER JAGA IGD RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG BERDASARKAN BEBAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE WORKLOAD INDICATOR STAFFING NEEDS (WISN). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB 4 KESIMPULAN & SARAN)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
5. TESIS NURUL FITRI KHUMAIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam menjamin kualitas pelayanan kesehatan adalah mutu SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan). Mutu SDMK dipengaruhi oleh ketersediaannya, sehingga menjadi perhatian khusus oleh pihak manajemen dalam pemenuhan kebutuhan jumlah SDMK yang ideal. Metode Workload Indicator Staffing Need (WISN) adalah metode perhitungan jumlah kebutuhan tenaga berdasarkan beban kerja nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah tenaga dokter jaga IGD yang ideal berdasarkan beban kerja di RSI Ibnu Sina Padang pada masa pandemi Covid-19 dengan metode WISN. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode work sampling dengan melakukan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan selama bulan September 2021– Mei 2022 di IGD RSI Ibnu Sina Padang. Hasil Penelitian didapatkan bahwa waktu kerja tersedia bagi dokter IGD RSI Ibnu Sina Padang pada masa pandemi Covid-19 adalah 117.180 menit/tahun. Standar beban kerja sebanyak 16 tugas pokok, dan perhitungan Standar kelonggaran sebanyak 6 tugas penunjang dengan total 0.397. Hasil perhitungan WISN didapatkan jumlah kebutuhan dokter IGD di RSI Ibnu Sina Padang pada masa pandemi Covid-19 adalah 6,953 atau dibulatkan menjadi 7 orang, sehingga masih kekurangan 1 orang tenaga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi penambahan item aktivitas dokter IGD pada masa pandemi Covid-19 dimana yang paling berat adalah edukasi dan skrining terkait kasus Covid-19 karena dapat menambah beban kerja dokter dan lamanya waktu pelayanan di IGD. Hasil penelitian ini masih dapat digunakan selama aktivitas tambahan dokter IGD masih dilakukan walaupun kasus pandemi sudah mulai menurun. Pihak manajemen sebaiknya melakukan perhitungan beban kerja tenaga dalam merencanakan jumlah SDM di suatu unit.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.dr.Hardisman, MHID, DrPH
Uncontrolled Keywords: SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan), beban kerja, WISN, Dokter IGD, Covid-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:51
Last Modified: 07 Jul 2022 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107156

Actions (login required)

View Item View Item