Strategi Pengembangan Usaha IKM Ridho Bakeri Menggunakan Metode Business Model Canvas

Kurnia Syafitri, Syerly (2022) Strategi Pengembangan Usaha IKM Ridho Bakeri Menggunakan Metode Business Model Canvas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
1. COVER-ABSTRAK MEMUAT NAMA DOSEN.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 WATERMARK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB AKHIR PENUTUP PAKAI WATERMARK.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PAKAI WATERMARK.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (FULL TEXT)
DRAFT TA LENGKAP WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau memiliki cukup banyak pelaku usaha roti manis. Berdasarkan data yang didapatkan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rokan Hulu, terdapat 33 IKM roti manis di Rokan Hulu. IKM Ridho Bakeri merupakan salah satu IKM yang memproduksi roti manis di Kecamatan Ujung Batu yang beralamatkan di Jalan Suka Damai, Desa Pematang Tebih. Selama menjalankan usahanya IKM Ridho Bakeri memiliki cukup banyak pesaing yang memproduksi roti sejenis, IKM Ridho Bakeri juga mengalami fluktuasi jumlah produksi, selain itu promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh IKM Ridho Bakeri masih belum optimal, sehingga IKM ini perlu meningkatkan jumlah produksi, promosi dan memperluas area pemasaran produk. Oleh karena itu IKM Ridho Bakeri perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk dapat bersaing dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan IKM Ridho Bakeri dan merancang model bisnis baru serta merekomendasikan model binis baru pada IKM Ridho Bakeri. Tahapan pada penelitian ini yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini berdasarkan 9 elemen yang ada pada Business Model Canvas. Setelah itu dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikombinasikan dengan analisis SWOT. Selanjutnya dilakukan tahap perumusan strategi dengan tiga tahapan, yaitu tahap input (matriks EFE dan IFE), tahap pencocokan (matriks SWOT dan IE) dan tahap keputusan (QSPM). Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat untuk IKM Ridho Bakeri yang digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terlihat pada matriks IE posisi IKM Ridho Bakeri berada pada sel I. Posisi ini menunjukkan IKM Ridho Bakeri dalam keadaan tumbuh dan membangun. Strategi utama berdasarkan hasil QSPM adalah strategi intensif karena menunjukkan skor paling tinggi yaitu 6,518 . Karena itu strategi yang dapat dilakukan seperti mendirikan booth yang mudah dijangkau konsumen, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kerjasama dengan retailer dan pemberian reward kepada retailer pada waktu tertentu, melakukan promosi melalui pemanfaatan teknologi informasi, meningkatkan kapasitas produksi, membuat desain kemasan yang menarik, serta penambahan jumlah karyawan. Kata Kunci : Business Model Canvas, IKM Ridho Bakeri, Matriks IE, QSPM, Strategi, SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:38
Last Modified: 06 Jul 2022 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106989

Actions (login required)

View Item View Item