Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi iDent Sebagai Media Teledentistry pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Muhammad, Daffa Safra (2022) Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi iDent Sebagai Media Teledentistry pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

dokter gigi melalui fitur videocall dan chat. Layanan utama yang ditonjolkan oleh iDent adalah teledentistry. Prototipe aplikasi iDent ini diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, seperti ketimpangan dokter gigi yang ada di Indonesia, biaya konsultasi yang relatif mahal, menghindari antrian panjang di fasilitas pelayanan kesehatan, serta bersifat fleksibel, karena mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Saat ini, iDent berfokus pada kegiatan pengabdian masyarakat, iDent bersifat non komersial.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi iDent sebagai media teledentistry pada kegiatan pengabdian masyarakat kedokteran gigi. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan desain deskriptif kategorik. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terbagi menjadi 5 dimensi, yaitu dimensi content, accuracy, format, ease of use serta timeliness. Analisa yang dilakukan adalah analisa univariat menggunakan SPSS. Hasil: Hasil penelitian ini menggambarkan secara umum terdapat 83% responden sangat puas terhadap iDent. Sebanyak 87% responden menyatakan sangat puas terhadap iDent dalam dimensi content. Sebanyak 61% responden dalam dimensi accuracy berada dalam kategori sangat puas. Dimensi Format memiliki kategori sangat puas tertinggi yaitu 91%. Serta dimensi ease of us dan dimensi timeliness memiliki kategori sangat puas sebesar 78%.Kesimpulan: Secara umum, responden sangat puas terhadap aplikasi iDent.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Dedi Sumantri, MDSc
Uncontrolled Keywords: EUCS, iDent, Teledentistry, Pengabdian masyarakat
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:35
Last Modified: 04 Jul 2022 01:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106721

Actions (login required)

View Item View Item