MAKNA TAMU PADA NOVEL TAMU KARYA WISRAN HADI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Hilda, Fadhla (2022) MAKNA TAMU PADA NOVEL TAMU KARYA WISRAN HADI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.docx - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi_Hilda_Fadhla_1810722034-Sastra_Indonesia[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABTRAK Hilda Fadhla, 1810722034. Makna Kata Tamu dalam Novel Tamu Karya Wisran Hadi, Analisis Semiotika Roland Barthes. Skripsi. Padang. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 2022. Pembimbing I: Dr. Fadlillah, M.Si. Pembimbing II: Dra. Armini Arbain, M.Hum. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan makna Tamu yang terdapat pada novel Tamu karya Wisran Hadi. Analisis makna tamu dalam penelitian ini menggunakan teori dan kerangka analisis semiotika Roland Barthes, yang terdiri dari tiga tahapan. Analisis pertama dilakukan dengan menggunakan lima kode semiologi terhadap leksia-leksia yang terdapat pada novel Tamu karya Wisran Hadi. Analisis kedua dilakukan dengan melihat pemaknaan tingkat kedua melalui makna denotasi dan konotasi. Analisis ketiga dengan melihat pemaknaan mitos yang terdapat novel tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap novel Tamu, diperoleh kesimpulan bahwa makna tamu pada novel Tamu karya Wisran Hadi hadir sebagai penanda mitos. Makna tamu pada novel Tamu karya Wisran Hadi adalah tamu yang didasarkan kepada tamu yang berada di Minagkabau. Bahwa tamu yang dimaksudkan pada novel adalah seorang tamu yang berada dari dalam rumah itu sendiri. selain itu, makna mitos yang terkandung di dalam novel Tamu karya Wisran Hadi ini adalah mengenai tamu yang berada di dalam rumah, yaitu laki- laki Minang yang tinggal di rumah istrinya sehingga ia disebut sebagai tamu, di Minangkabau laki-laki tersebut dikatakan sebagai seorang Sumando.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadlillah, M.Si
Uncontrolled Keywords: makna, kata, novel, tamu, Wisran Hadi, semiotika Roland Barthes, kode semiologi, denotasi, konotasi, mitos. Kata Kunci: makna, kata, novel, tamu, Wisran Hadi, semiotika Roland Barthes, kode semiologi, denotasi, konotasi, mitos.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:22
Last Modified: 01 Jul 2022 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106612

Actions (login required)

View Item View Item