HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN LAMA MENDERITA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Intan Putri Andriani, Putri Andriani (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN LAMA MENDERITA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (bab penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (skripsi full taxt)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peran keluarga mempunyai hubungan yang kuat terhadap status kesehatan penderita Diabetes Mellitus, dimana dukungan keluarga yang baik akan mendapatkan kualitas hidup yang baik. Pasien yang lama menderita Diabetes Mellitus > 5 tahun memiliki kualitas hidup yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga Dan Lama Menderita Terhadap Kualitas Hidup Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Andalas Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode Korelasi dengan cross sectional. Metode pengumpulan data yaitu dengan teknik non probability sampling dengan simple random sampling 155 pasien. Instrument dalam penelitian ini menggunakan Kuisoner HDFFSS dan DQOL. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa prevalensi keluarga yang baik 82 responden (52,9%), responden yang menderita >5 tahun 94 responden (60,6%) dan responden memliki kualitas hidup yang baik 71 responden (45,8%). Disarankan bagi puskesmas untuk memberikan arahan dan anjuran kepada pasien DM dan keluarga untuk lebih sering mengikuti program edukasi diabetes agar memperoleh informasi baru terkait cara-cara penangan terbaru pasien diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp, M.PH
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus Tipe 2, Dukungan Keluarga, Lama Menderita, Kualitas Hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:35
Last Modified: 30 Jun 2022 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106441

Actions (login required)

View Item View Item