HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA PROFESI NERS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

Fadli Ilhami Harri, Siregar (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA PROFESI NERS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Bab VII)
Bab VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi Fulltext Fadli Ilhami Siregar.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan profesi ners adalah program lanjutan dari mahasiswa menjadi tenaga perawat profesional, dimana mahasiswa mengaplikasikan teori dan konsep yang telah didapat selama tahap perkuliahan ke dalam masalah klinik yang nyata. Mahasiswa yang menjalani program profesi ners rentan terhadap stres karena adanya transisi dari kehidupan kampus ke kehidupan lapangan Respon terhadap stres dikenal dengan mekanisme koping. Faktor yang menentukan mekanisme koping yang paling banyak atau sering digunakan sangat tergantung pada sejauh mana tingkat stres yang dialami setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa program profesi ners Fakultas Keperawatan Unversitas Andalas tahun 2021/2022. Desain dalam penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 orang. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 14-24 Februari 2022. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Padang (p=0,000). Penelitian ini memberikan gambaran kepada mahasiswa profesi ners agar mampu memahami dan meningkatkan kecerdasan emosional, sehingga mampu memotivasi diri sendiri dan bisa bertahan menghadapi stres. Serta lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:45
Last Modified: 29 Jun 2022 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106079

Actions (login required)

View Item View Item