Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun : Sebuah Tinjauan Naratif

Fauziah, Ismail (2022) Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun : Sebuah Tinjauan Naratif. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan : Pemenuhan kebutuhan gizi pada anak sangat penting dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Permasalahan gizi dapat memberikan dampak negatif terhadap seluruh aspek perkembangan salah satunya kognitif. Tinjauan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan kognitif anak yang dilihat dari motorik, bicara, dan perilaku. Metode : Tinjauan ini merupakan tinjauan naratif dari artikel-artikel hasil penelitian cross-sectional yang dipublikasikan tahun 2011-2021.Waktu penelitian dimulai dari Maret 2021 – April 2022.Pencarian artikel dilakukan sejak Oktober 2021 – Maret 2022.Penelusuran artikel dilakukan dengan menggunakan dua database elektronik yaitu Google Scholar dan Pubmed.Artikel yang direview adalah artikel full text berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak berbayar dan dinilai kualitasnya menggunakan The Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal Checklist for Crossectional Studies Hasil dan Kesimpulan :Sebanyak 4.860 literatur didapatkan dari dua database. Terdapat total 18 artikel yang dimasukan ke dalam tinjauan naratif ini.Sebagian besar studi (11 dari 18 artikel) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan kognitif anak. Kata Kunci : Status gizi; perkembangan kognitif; anak usia 2-5 tahun; motorik; bicara; perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:59
Last Modified: 20 Jun 2022 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105746

Actions (login required)

View Item View Item