HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT CAHAYA KABUPATEN ROKAN HILIR TAHUN 2021

SASKIA, PUTRI ANANDA (2022) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT CAHAYA KABUPATEN ROKAN HILIR TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
abstak dan cover.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Saskia Putri Ananda_1711213016 Upload FIXX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Proporsi kunjungan lama pasien di rumah Sakit Cahaya tahun 2018 dan 2019 mengalami penurunan yang signifikan. Kunjungan pasien lama tahun 2018 sebanyak 2956 orang (73,3%) sedangkan pada tahun 2019 jumlah kujungan pasien lama sebanyak 2.136 orang (42,5%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Cahaya tahun 2021. Metode Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi adalah pasien umum yang dirawat jalan Rumah Sakit Cahaya dan sampel untuk penelitian berjumlah 76 responden. Lokasi penelitian di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir dari November 2021-Januari 2022. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional sampling dan accidental sampling.Analisis data menggunakan uji chi-square dengan melihat nilai Odds Ratio (OR). Hasil Hasil penelitian menujukkan,53,9% menyatakan loyal terhadap Rumah Sakit Cahaya,51,3% menyatakan produk baik,53,9% menyatakan harga baik,52,6% menyatakan tempat tidak baik,dan 51,3% menyatakan promosi tidak baik.Terdapat hubungan signifikanantara produk (p=0,040),harga (p=0,013) dan promosi (p=0,003) dengan loyalitas pasien rawat jalan.Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara tempat (p=0,060) denganloyalitas pasien rawat jalan. Kesimpulan Loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Cahaya berhubungan dengan produk,harga dan promosi.Disaranakan kepada pihak rumah sakit mengkaji ulang penyesuaian tarif Rumah Sakit Cahaya dengan rumah sakit lain di sekitarnya,menyediakan tempat parkir yang repsentatif dan mengoptimalkan kemanan di lingkungan rumah sakit,dan melakukan kegiatan promosi melalui media online atau cetak,serta membentuk tim penyuluh rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ch.Tuty Ernawati,SKM,M.Kes
Uncontrolled Keywords: Loyalitas pasien,rawat jalan,rumah sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:52
Last Modified: 20 Jun 2022 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105710

Actions (login required)

View Item View Item