KOMUNIKASI INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASAMAN BARAT (Studi Kasus pada Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat dalam Komunikasi Inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile)

Indira, Nauli (2022) KOMUNIKASI INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASAMAN BARAT (Studi Kasus pada Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat dalam Komunikasi Inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL SKRIPSI_INDIRA NAULI_1710861013..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat merencanakan dan melaksanakan pembentukan suatu inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile. Dinas Dukcapil memberikan penerangan dan sosialisasi kepada masyarakat, serta mengevaluasi sikap dan tanggapan masyarakat agar aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile di Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat dan mengetahui proses adopsi inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile oleh masyarakat Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Aplikasi Dukcapil Prima Mobile dapat membantu Dinas Dukcapil memberikan pelayanan kependudukan dengan sistem online kepada masyarakat. Saluran komunikasi menggunakan media massa, koran, media internet seperti website Dinas Dukcapil dan media sosial seperti instagram dan facebook serta menggunakan media interpersonal seperti pertemuan yang ada di pemerintahan daerah. Jangka waktu dimulai dari proses perencanaan aplikasi sejak tahun 2019 sampai launching aplikasi di tahun 2020, di mana masyarakat yang menggunakan aplikasi ini sebanyak 2.243 pengguna aktif. Sistem sosial melibatkan Dinas Kominfo Pasaman Barat dan Developer yang membuat aplikasi. Proses adopsi inovasi bagi penerima inovasi memiliki beberapa karakteristik seperti pembaharuan, pengadopsi, penerima mayoritas lamban, pengikut atau orang yang lamban. Adapun tahapan dari seseorang yang menerima inovasi melalui lima tahapan yaitu tahap pengetahuan, tahap persuasi, tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan, tahap pemastian atau tahap konfirmasi. Masyarakat yang menerima Aplikasi Dukcapil Prima Mobile ini telah melewati lima tahapan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Adopsi Inovasi, Dukcapil Prima Mobile, Inovasi, Komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:48
Last Modified: 10 Jun 2022 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105266

Actions (login required)

View Item View Item