Aripin, Nurul Laila (2022) Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Usaha Jasa Kurir Payokurir di Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (588kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (443kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (427kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya persaingan yang dihadapi oleh usaha jasa kurir lokal Payokurir di Kota Payakumbuh. Persaingan yang terjadi berasal dari usaha jasa sejenis yang berasal dari lokal daerah dan perusahaan pendatang. Payokurir sempat mengalami penurunan penggunaan jasa akibat adanya persaingan, namun Payokurir mampu untuk bertahan dan menghadapi persaingan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran yang dilakukan Payokurir untuk meningkatkan daya saing serta mengetahui hambatan komunikasi Payokurir dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Model yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah model Marketing Communication Mix. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Payokurir telah melakukan keseluruhan kegiatan dari elemen marketing communication mix namun masih belum maksimal dalam pelaksanaannya. Kegiatan yang belum berjalan dengan maksimal yaitu promosi penjualan, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Sedangkan kegiatan periklanan, word of mouth, internet/interactive marketing, hubungan masyarakat, serta Acara dan pengalaman telah berjalan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan lagi. Selanjutnya hambatan komunikasi Payokurir dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran yaitu hambatan teknis yang mencakup keterbatasan sumber daya manusia, terbatasnya anggaran, dan strategi. Hambatan lainnya adalah hambatan kondisi khalayak yang terus berubah yang termasuk ke dalam hambatan kerangka berpikir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:08 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104645 |
Actions (login required)
View Item |