HUBUNGAN FREKUENSI ANTENATAL CARE, PEMBERIAN KIE LAKTASI DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI DAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Nuzul, Maidya Ramahdani (2022) HUBUNGAN FREKUENSI ANTENATAL CARE, PEMBERIAN KIE LAKTASI DAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI DAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
full skripsi nuzul.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan ASI Eksklusif merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan tingkat kesehatan masyarakat khusunya ibu dan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan frekuensi Antenatal Care(ANC), pemberian KIE Laktasi, dan Pengetahuan Ibu dengan Pelaksanaan IMD dan ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross Sectional, pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni sampai bulan Juli 2020. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 97 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling dan Simple Random Sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan analisis Chi-Square(p<0,05) dengan menggunakan software SPSS 17. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi ANC dengan pelaksanaan IMD (p=0,002), frekuensi ANC dengan pelaksanaan ASI Ekkslusif (p=0,004), pemberian KIE Laktasi dengan pelaksanaan IMD (p=0,004), Pemberian KIE laktasi dengan Pelaksanaan ASI Eksklusif (p=0,004), pengetahuan ibu dengan pelaksanaan IMD (p-0,004) dan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan ASI Eksklusif (p=0,004)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. FitrisiaAmelin, Sp.A, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Antenatal Care, pemberian KIE laktasi, pengetahuan, IMD dan ASI Ekslusi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 18 May 2022 07:23
Last Modified: 18 May 2022 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104234

Actions (login required)

View Item View Item