Windi, Wahyuni (2022) HUBUNGAN KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MUARA ENIM TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (Bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (215kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI-WINDI WAHYUNI-2011316045.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Remaja merupakan proses tumbuh kembang penting yang akan dilewati seseorang dan merupakan proses perahlihan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang ditandai dengan perkembangan psikis, sosial, biologis, dan kognitif. Masalah emosi dan perilaku pada remaja muncul serta memiliki dampak seperti: depresi, kecemasaan serta gangguan emosional ini merupakan masalah yang cukup serius, selain memiliki dampak terhadap perkembangan, gangguan emosi dan perilaku pada remaja juga menurunkan produktivitas serta kualitas hidup mereka. Kecanduan gadget semakin tinggi pada remaja, maka pikiran, energi dan waktu yang ia miliki akan tersita. Ia akan selalu hidup diluar realita yang ada, tanpa merasakan interaksi yang sesungguhnya. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim pada bulan Februari 2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 135 orang dengan menggunakan teknik proporsional stratified random. Pengumpulan data dengan cara memberikan kuesioner kepada responden untuk melihat tingkat kecanduan gadget dan gangguan emosional pada remaja, kemudian dianalisis menggunakan chi-square dengan nilai signifikasi p<0,005. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden (98,5%) mengalami tingkat kecanduan gadget dalam kategori tinggi sebagian besar responden (94,1%) mengalami gangguan emosional. Berdasarkan hasil uji menggunakan uji statistik chi-square dengan nilai p <0,01, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecandungan gadget dengan gangguan emosional pada responden di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim tahun 2022. Kata Kunci :gangguan emosional, kecanduan gadget, remaja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 17 May 2022 03:48 |
Last Modified: | 17 May 2022 03:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103836 |
Actions (login required)
View Item |