GAMBARAN KONFLIK PELAYANAN KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 KOTA PADANG TAHUN 2021

Rizki, Cahaya Putri (2022) GAMBARAN KONFLIK PELAYANAN KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full tax)
Skripsi Rizki Cahaya Putri_2011316044.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi sistem pelayanan keperawatan. Perubahan kebijakan dalam penerimaan pasien selama pandemi menyebabkan kebingungan pada perawat dalam memberikan asuhan keperawatan serta beban kerja yang bertambah, ketakutan dan kecemasan pada tenaga keperawatan akan tertularnya virus Covid-19 menyebabkan Konflik pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian untuk melihat gambaran konflik pelayanan keperawatan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kota Padang pada bulan Januari 2022. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 75. Pengambilan sample menggunakan teknik proporsional random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner (SKN) yang dimodifikasi oleh peneliti. Pengumpulan data dengan cara memberikan kuesioner kepada responden untuk melihat gambaran konflik pelayanan keperawatan selama pandemi Covid-19. Pengolahan data dilakukan dengan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (50.7%) responden mengalami konflik tugas yang rendah. Konflik interpersonal (52.0%) responden mengalami konflik Interpersonal yang rendah dan sebagian besar (52.0%) responden mengalami konflik proses yang Tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini di dapatkan bahwa konflik yang proses pelayanan keperawatan menjadi konflik yang tinggi terjadi pada pelayanan keperawatan selama pandemi Covid-19. Saran Pembagian tugas harus dilakukan dengan adil dan sesuai dengan kemampuan individu perawat, serta perlu untuk dilakukan evaluasi oleh kepala ruangan mengenani kendala dalam memberikan asuhan keperawatan agar dapat segera diatasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp.,M.Kep
Uncontrolled Keywords: Konflik Pelayanan Keperawatan, Covid-19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 May 2022 05:45
Last Modified: 17 May 2022 05:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103795

Actions (login required)

View Item View Item