Nalendra, Brama (2022) Audit Keselamatan Jalan Tahap Detailed Engineering Design Studi Kasus: Dokumen Segmen Rawan Longsor Pada Jalan Nasional Provinsi Jambi Ruas N.035 Sei Manau-Bts Kerinci &Ruas N.036 Bts. Kerinci-Sanggaran Agung. Masters thesis, -.
|
Text (Abstrak)
abstrak ok brama nalendra 1920922013.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN FGSFGSGSF45454GGt.pdf - Published Version Download (847kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP ok 9669Yy.pdf - Published Version Download (474kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
BAB 5 PENUTUP ok 9669Yy.pdf - Published Version Download (474kB) | Preview |
|
Text (Tesis Fulltext)
Full Tesis Brama Nalendra 1920922013 ok5554Fff.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Merangin-Kabupaten Kerinci menjadi jalan Nasional yang sebelumnya dengan status jalan Provinsi. Penyerahan status jalan pada ruas ini mengakibatkan perubahan nilai kriteria standar yang harus dipenuhi jalan tersebut. Kondisi sebelumnya yang terdapat keterbatasan bangunan pelengkap, perlengkapan jalan serta permasalahan teknis lainnya, seperti minimnya drainase jalan, kurangnya rambu lalu lintas, terbatasnya marka jalan, tidak tersedianya clear zone, dan air yang menggenang pada badan jalan. Keterbatasan kondisi tersebut, diyakini berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sehingga Pemerintah melalui BPJN Provinsi Jambi melakukan usaha peningkatan dengan menyusun dokumen Detail Engineering Design (DED), terutama pada lokasi yang rawan longsor pada ruas tersebut. buruknya kondisi infrastruktur jalan dapat menjadi salah satu penyebab dari suatu kecelakaan lalu lintas. Untuk mengurangi penyebab kecelakaan lalu lintas itu, diperlukan proses proaktif berupa audit keselamatan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan audit keselamatan jalan tahap detail desain terhadap 6 dokumen DED jalan nasional Provinsi Jambi di ruas Sungai manau-Batas Kerinci-Sanggaran Agung. Dokumen diaudit menggunakan Pedoman Audit Keselamatan Jalan Tahap Desain Rinci No. Pd 03-2019-B serta pedoman, standar dan aturan yang berlaku. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwa semua DED tidak terdapat perencanaan zona bebas (clear zones), terdapat DED yang belum memenuhi alinemen horizontal, bahu jalan yang tidak memenuhi lebar minimum, ruang bebas di samping tikungan yang tidak memenuhi lebar minimum, tidak terdapat pagar keselamatan, saluran terbuka yang berada pada clear zones, tidak adanya detail desain rambu, tidak terdapat desain marka, tidak terdapatnya desain lokasi tiang listrik, pohon besar ataupun obyek berbahaya. Rekomendasi dari hasil audit adalah untuk dapat melengkapi dan memperbaiki DED serta merekomendasikan biaya perbaikan sesuai dengan hasil penelitian. Untuk pedoman, dapat dilakukan pengembangan dan penyempurnaan berupa penjelasan yang lebih detail pada daftar periksa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 17 May 2022 02:53 |
Last Modified: | 17 May 2022 02:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103651 |
Actions (login required)
View Item |