STUDI KASUS : MOTIVASI LANSIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MITIGASI BENCANA DI WILAYAH RW 07 KELURAHAN PASIA NAN TIGO KOTA PADANG

Silmi, Destriyani (2022) STUDI KASUS : MOTIVASI LANSIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN MITIGASI BENCANA DI WILAYAH RW 07 KELURAHAN PASIA NAN TIGO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER&ABATRAK.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Kia full taxt)
KIA SILMI DESTRIYANI 2041312111.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menjadi Negara yang paling rawan terhadap bencana didunia, salah satunya daerah Sumatra barat. Sehingga perlunya pengurangan resiko dari potensi bencana yang akan terjadi. Dampak bencana akan dirasakan lebih besar oleh kelompok rentan yaitu lansia dimana mengalami penurunan sistem tubuh yang meliputi perubahan fisik, mental dan psikologis. Upaya kegiatan mitigasi bencana perlu ada motivasi lansia yaitu dorongan dari dalam yang berisi harapan, dan keinginan dengan tujuan menggerakkan seseorang dalam bertindak guna memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan motivasi lansia dalam mengikuti kegiatan mitigasi bencana. Desain pada penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara intens langsung yang berusaha menggali secara mendalam mengenai motivasi lansia. Didapatkan 4 partisipan dengan hasil penelitian menujukan bahwa motivasi lansia yakni ingin tahu kegiatan yang dilakukan dan mengisi waktu kekosongan. Hasil wawancara secara verbatim kemudian diolah menghasilkan 2 tema utama yaitu, (1) motivasi lansia dalam mengikuti kegiatan mitigasi bencana; (2) faktor yang mempengaruhi motivasi lansia dalam mengikuti kegiatan mitigasi bencana. Diharapkan pada lansia tetap mempunyai motivasi dan menjadi motivator pada lansia lainnya dalam mengikuti kegiatan mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: bencana, mitigasi bencana, motivasi, lansia
Uncontrolled Keywords: Gusti Sumarsih, S.Kp, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 May 2022 02:54
Last Modified: 14 May 2022 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103451

Actions (login required)

View Item View Item