Perencanaan Strategi Pengembangan IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar Di Kota Padang

Try, Utama Putra (2016) Perencanaan Strategi Pengembangan IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar Di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
10. BAB VI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar adalah industri kerupuk bawang di Kota Padang dimiliki oleh Ibu Rahamanita yang berlokasi di Jalan Raya Indarung No.37 Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar mengalami penurunan penjualan kerupuk bawang di Kota Padang yang dapat dilihat pada penjualan tahun 2011-2014 berturut-turut yaitu sebanyak 12688 kg pada tahun 2011, 12558 kg pada tahun 2012, 12506 kg pada tahun 2013, dan 12454 kg pada tahun 2014. Padahal IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar ini merupakan IKM kerupuk bawang di Kota Padang dengan persentase jumlah penjualan yang paling besar dibandingkan tujuh IKM kerupuk bawang lainnya pada tahun 2014 dengan persentase sebesar 42%. Berdasarkan penurunan jumlah penjualan tersebut, sehingga diperlukan perencanaan strategi pengembangan IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar untuk penjualan di Kota Padang pada masa akan datang. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap pemasukan, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Pada tahap masukan mengggunakan tiga matriks, yaitu matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), dan Competitive Profile Matrix (CPM). Pada tahap pencocokan dilakukan dengan menggunakan dua matriks, yaitu Matriks IE dan Matriks Strategi Besar. Tahap keputusan dilakukan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan software Expert Choice. Pada tahap ini akan diketahui strategi apa yang tepat untuk dilakukan perusahaan sebagai strategi bersaing dalam menghadapi persaingan di Kota Padang. Posisi IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar berdasarkan matriks internal eksternal berada pada kuadran V yaitu menjaga dan mempertahankan dimana posisi tersebut menunjukkan bahwa kondisi internalnya cukup kuat dan eksternalnya cukup tinggi. Pada matriks SWOT didapatkan tiga usulan strategi alternatif yaitu strategi intensif, strategi integrasi dan strategi defensif. Posisi IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar berdasarkan Matriks Strategi Besar berada pada kuadran I yang mengindikasikan bahwa IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar berada pada pertumbuhan pasar yang cepat dan posisi kompetitif yang kuat. Urutan prioritas strategi IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar berdasarkan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan software Expert Choice adalah Meningkatkan kualitas kerupuk (0,265), Memperluas daerah pemasaran (0,231), Meningkatkan promosi (0,146), Menggunakan e-commerce dalam penjualan produk (0,125), Menggunakan peralatan produksi (0,096), Inovasi terhadap produk yang dihasilkan (0,071), Menambah jumlah karyawan (0,067) Kata Kunci : IKM Kerupuk Bawang Malaysia Fajar, Strategi, SWOT, AHP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 09 Jun 2016 01:44
Last Modified: 09 Jun 2016 01:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item