GAMBARAN PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN 5M DALAM MENGHADAPI COVID-19 PADA KEPALA KELUARGA DI RW X KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022

Tissa, Englidya (2022) GAMBARAN PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN 5M DALAM MENGHADAPI COVID-19 PADA KEPALA KELUARGA DI RW X KELURAHAN PASIE NAN TIGO KOTA PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abnstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (KiA Full Taxt)
Karya Ilmiah Akhir_Tissa Englidya_2041312077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Protokol kesehatan di setiap keluarga saat ini dinilai kurang efektif karena masih ada sebagian dari keluarga belum optimal melakukannya. Tujuan dari karya ilmiah akhir ini adalah untuk mengetahuigambaran pelaksanaan protokol kesehatan 5M dalam menghadapi covid-19pada kepala keluarga di RW X Kelurahan Pasie Nan Tigo Kota Padang tahun 2022. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk melihat fenomena tertentu. Jumlah sampel adalah 64responden. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (53,1%) responden kepala keluargabaik dalampelaksanaan protokol kesehatan 5M. Sebagian besar (74,6%) dilakukan aspek cuci tangan, sebagian besar (61,9%) dilakukan aspek menggunakan masker, sebagian besar (71,9%) dilakukan aspek menjaga jarak, sebagian besar (79,4%) dilakukan aspek menjauhi kerumunan, dan sebagian besar (71,4%) dilakukan aspek membatasi mobilitas.Penelitian ini menyarankan bagi institusi pelayanan kesehatan terkhusus pihak puskesmas agar dapat lebih memaksimalkan dalam pemberian promosi kesehatan mengenai pelaksanaan protokol kesehatan 5 M pada keluarga untuk menambah wawasan pengetahuan serta sikap kepala keluarga untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Moh. Jamil, S.Kp, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Protokol Kesehatan 5M, Keluarga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 07:26
Last Modified: 10 May 2022 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102600

Actions (login required)

View Item View Item