HUBUNGAN RIWAYAT BERAT BADAN LAHIR, STIMULASI ORANG TUA DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTO PANJANG IKUA KOTO

Dhea, Aulia Amanda (2022) HUBUNGAN RIWAYAT BERAT BADAN LAHIR, STIMULASI ORANG TUA DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTO PANJANG IKUA KOTO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak usia 4-5 tahun adalah usia dimana anak sedang berkembang dengan pesatnya. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan seperti riwayat berat badan lahir, stimulasi orang tua dan pendapatan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan riwayat berat badan lahir, stimulasi orang tua dan pendapatan keluarga dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Wilayah Kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang. Jenis penelitian ini kuntitatif dengan desain Cross Sectional di PAUD wilayah kerja Puskesmas Koto Panjang Ikua Koto Kota Padang pada bulan Maret 2022. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, dengan menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan analisis chi-square (p< 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 82,3% anak usia 4-5 tahun mengalami perkembangan normal. Hasil analisis bivariat menunjukan terdapat hubungan antara riwayat berat badan lahir dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun (p=0,020), terdapat hubungan antara stimulasi orang tua dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun (p=0,006) dan tidak terdapat hubungan antara pendapatan keluarga dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun (p=0,672). Maka dapat disimpulkan Terdapat hubungan antara riwayat berat badan lahir dan stimulasi orang tua dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Tidak terdapat hubungan antara pendapatan keluarga dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aldina Ayunda Insani, Bd., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Riwayat Berat Badan Lahir, Stimulasi Orang Tua, Pendapatan Keluarga, Perkembangan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:15
Last Modified: 28 Apr 2022 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102097

Actions (login required)

View Item View Item